Qowa’idul Fiqhiyyah ( Hukum Asal Air, Tanah, dan Batu adalah Suci )

Posted: Mei 10, 2012 in Qowa'idul Fiqhiyyah
Tag:

Oleh: Sulaiman Abu Syaikhah

والأصل في مياهنا الطهارة والأرض والسماء والحجارة

wal aslu fi miyahinaa at thohaarotu wal ardhu was sama’u wal hijaarotu

Artinya;
Hukum asal air tanah, langit dan batu adalah suci [/b]

يقول المؤلف هنا: “الأصل” المراد بالأصل: القاعدة المستمرة التي نحكم بها. إذا لم يوجد دليل يغير الأصل، فإن المسائل على أربعة أنواع:

Pengarang (as syeikh abdurrahman as sa’diy) berkata : 
 “الأصل”
yang dimaksud al aslu (asalnya) adalah : pondasi asal yang terus menerus yang dengannya kita mengambil hukum, jika tidak didapati dalil dalam selain asalnya , maka masalah tersebut terbagi menjadi 4 keadaan :

النوع الأول: مسائل فيها دليل بالتحريم أو النجاسة أو الفساد، فيحكم بذلك الدليل.
Pertama :
perkara yang ada dalilnya dalam masalah haram atau najis atau rusak (fasad) maka di hukumi dengannya seperti itu. (misal : daging babi haram, air kencing dan kotoran najis, maka di hukumi hal tersebut haram dan najis pent.)

والنوع الثاني من المسائل: مسائل فيها دليل يدل على: الإباحة أو الطهارة أو الصحة، فنحكم بذلك الدليل .
Kedua :
perkara yang dalilnya menunjukkan atas boleh/halal, atau suci, atau sehat/bagus, maka dihukumi dengan keadaan tersebut ( misal : air lautan suci, ikan dilautan halal, maka hal tersebut di hukumi suci dan halal pent.)

النوع الثالث: مسائل يوجد فيها دليلان متعارضان: دليل يدل على الصحة، ودليل يدل على الفساد. أو دليل يدل على الإباحة، وآخر يدل على التحريم. فإذا لم يمكن الجمع بينهما، فلا بد من الترجيح، ومن قواعد الترجيح: أن دليل التحريم يقدم على دليل الإباحة .
Ketiga :
perkara yang  di dalamnya didapati ada dua dalil yang saling bertentangan. Satu dalil menunjukkan bagus/sehat, satu dalilnya lagi menunjukan hal tersebut rusak, atau dalam satu sisi dalil menunjukkan halal, dan di lain sisi  dalil tersebut menunjukkan keharamannya, maka jika tidak mungkin menggabungkan antara keduanya harus diadakan pentarjihan (mengambil salah satu hukum yang paling kuat), sedang dalam masalah pentarjihan ulama menentukan kaidah :

 أن دليل التحريم يقدم على دليل الإباحة )
(anna dalila at tahrimi yuqoddamu ‘alaa dalili al ibahati)
artinya :
Sesungguhnya dalil yang menunjukkan keharaman lebih didahulukan dari pada dalil yang menunjukkan kehalalannya, (contoh; walaupun masalah ini sudah jelas dalil keharamannya namun ada sebagain yang masih ngotot dan pernah ana perdebatkan dalam tread yang sudah ana kunci (bolehkan kita demonstrasi dan memberontak) yaitu ; yang lagi ngetrend di kalangan pemikiran para shabab harokah islamiiyah : adalah bom syahid (sebenarnya bukan bom syahid tetapi bom bunuh diri) sebagaian pemuda ada yang mengatakan boleh dengan dalil fatwa seseorang ulama (anda pasti tahu fatwa siapa itu) dan kebanyakan ulama mengatakan haram, dengan dalil dari penjelasan berbagai ulama yang terkenal, taruhlah ada 2 hukum yang bertentangan, yaitu ada yang mengatakan halal dan ada yang mengatakan haram, dan ini susah kita jama’ maka menurut kaidah tarjih: dalil keharamannya bom bunuh diri lebih di dahulukan dari pada dalil yang membolehkan pent.)   

النوع الرابع من المسائل: مسائل لا يوجد فيها دليل، أو لا نعلم فيها دليلا. فهذه نطبق عليها قواعد الأصل.
Keempat :
perkara yang tidak didapati dalilnya, atau kita tidak tahu dalilnya, maka kita kembalikan dalam pengambilan dalilnya ke kaidah asalnya.

قوله هنا: “والأصل في مياهنا الطهارة”. يراد بهذه القاعدة: أن الماء الذي لا نعلم فيه دليلا على طهارته، ولا على نجاسته، فإننا نحكم بقاعدة الأصل، وهو أن الأصل أنه طاهر ما لم يأت دليل يغيره، ودليل هذه القاعدة: عدد من النصوص الشرعية، منها قوله – عز وجل – { وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لِيُطَهِّرَكُمْ بِهِ } (سورة الأنفال آية : 11) وقوله: { وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا (سورة الفرقان آية : 48).

Adapun ucapannya di sini :

“والأصل في مياهنا الطهارة”
hukum asal air adalah suci, yang dimaksud kaidah ini adalah : jika ada air yang kita tidak tahu dalil atas kesucianya, ataukah  air tersebut najis, maka kita dalam menghukumi air tersebut kita kembalikan kekaidah asalnya, dan kaidah tersebut adalah :
“air tersebut suci selama tidak ada dalil yang menyatakan lain (selain suci)”

Adapun dalil dari kaidah ini beberapa nusus (nash) syar’iyyah diantaranya :

• Dari alqur’an :

{ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لِيُطَهِّرَكُمْ بِهِ }
(سورة الأنفال آية : 11)
dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu
(al anfal : 11)

وقوله: { وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا (سورة الفرقان آية : 48).
dan kami turunkan dari langit air yang amat bersih (al furqon : 48)

• Dari hadist :

وقول النبي – صلى الله عليه وسلم – في البحر: ” هو الطهور ماؤه الحل ميتته ” 
Sabda rasulullah (صلى الله عليه وسلم) tentang air laut:
“dia (laut) adalah suci airnya, halal bagkainya.”

[HR tirmidzi dalam kitab : cara bersuci yang diajarkan Rasulullah (صلى الله عليه وسلم) bab: penjelasan bahwasanya air laut adalah suci hadist no :69, dan abu dawud dalam kitab at thaharah bab berwudhu dengan air laut  no : 83, dan imam nasa’ii dalam kitab at thaharah bab air laut no : 59 , dan kitab al miyah ( macam air ) bab berwudhu dengan air laut no : 332, dan kitab tangan dan sembelihan bab bangkai ikan laut no : 4350, dan ibnu majah dalam kitab at thaharah dan sunnah-sunnahnya bab berwudhu dengan air laut no : 386,387,388, dan berkata as syeikh al bani : shahih dan imam malik dalam mawatha’nya kitab at thaharah bab selesai dari wudhu no : 43, dan di kitab berburu bab penjelasan tentang berburu ikan laut no : 1074 pent.]

وقال في الحديث الآخر: ” الماء طهور لا ينجسه شيء ” إلى غير ذلك من الأحاديث الواردة في طهارة المياه. فهذا هو الأصل، والقاعدة المستمرة في المياه

dan dalam haidst lainya belau bersabda :
“air itu suci tidak menjadikan najis sesuatu apapun” ,

[HR tirmidzi dalam kitab : cara bersuci yang diajarkan Rasulullah shollallohu ‘alayhi wasallam bab: penjelasan bahwasanya air itu tidak ada yang membuatnya najis hadist no : 66 dan abu dawud dalam kitab at thaharah bab penjelasan tentang sumur umum hadist no : 66,67 dan berkata as syeikh albani : shohih pent.]
 
Dan selainya dari hadist yang banyak sekali yang menjelaskan tentang kesucian air, dan inilah hukum asal, dan kaidah ini terus dipakai dalam menghukumi air.

وكذلك الأرض، الأصل أنها طاهرة، حتى نعلم دليلا نحكم به على أن الأرض نجسة. فالأصل أنها طاهرة، حتى يأتي دليل يغيرها. ودليل طهارة الأرض عدد من النصوص الشرعية منها: قول النبي-صلى الله عليه وسلم-: ” أعطيت خمسا لم يعطهن أحد قبلي ” وذكر من ذلك: ” وجعلت لي الأرض مسجدا وطهورا، فأيما مسلم أدركته الصلاة، فعنده مسجده وطهوره ” وفي الحديث الآخر قال النبي – صلى الله عليه وسلم – ” الصعيد الطيب طهور المسلم إذا لم يجد الماء، ولو عشر سنين ” كما في سنن أبي داود.

Dan begitu juga hukum asal tanah (bumi) bahwasannya asalnya adalah suci , sampai kita tahu dalilnya yang menjelaskan tanah tersebut adalah najis, maka hukum asalnya adalah suci sampai ada dalil yang menyatakan lain (najis).

Adapun dalil yang menyatakan bahwasanya tanah (bumi) adalah suci , beberapa nusus (nash ) syar’iyyah diantaranya :

• Sabda Rasulullah (صلى الله عليه وسلم) :
“Allah memberikan keutamaan kepadaku ( dan umatku ) lima hal yag tidak diberikan kepada nabi sebelumku ” diantaranya disebutkan ” : dijadikan bagiku semua tanah (bumi) itu masjid (tempat sholat) dan suci, maka orang muslim siapapun yang telah mendapati waktu sholat maka baginya tempat sholat (dimanapun) dan tempat itu (tanah) suci.”

[HR bukhari dalam kitab : sholat bab sabda nabi : dijadikan bagiku bumi sebagai masjid dan suci hadist no : 438 , dan imam muslim dalam kitab masajid wa mawaadhu’us sholat hadist no:521pent.]

• dan dalam hadist lain Rasulullah (صلى الله عليه وسلم) bersabda:
“sesungguhnya tanah (debu) itu adalah suci dan mensucikan seorang muslim jika tidak mendapati air untuk bersuci, bahkan walaupun sepuluh tahun dalam keaadan seperti itu (tidak mendapati air) sebagaimana di riwayatkan dalam sunan abu dawud,

وكذلك الثياب، الأصل فيها الطهارة، ولا يحكم بنجاستها إلا إذا قام دليل على أنها نجسة. ودليل ذلك: أن النبي – صلى الله عليه وسلم – وصحابته -رضوان الله عليهم- كانوا يلبسون الثياب التي يصنعها الكفار وينسجونها، ولا يغسلونها. فدل ذلك على أن الأصل فيها الطهارة. وأما الحجارة فهي نوع من أنواع الأرض، فتأخذ حكمها في ذلك. نعم .

Begitu juga hukum asal pakaian adalah suci , dan kita tidak menhukuminya najis kecuali jika ada dalil yang menunjukkan kenajisannya,

Adapun dalil nya adalah;
Rasulullah (صلى الله عليه وسلم) bersama para shohabatnya (semoga allah meridhoi mereka semuanya) mereka memakai pakaian yang di buat dan di tenun oleh orang kafir dan mereka (Rasulullah shollallohu ‘alayhi wasallam & para shohabat) tidak mencucinya terlebih dahulu, maka dari dalil ini diketahui bahwasanya hukum asal pakaian adalah suci , adapun batu, maka ini adalah bagian dan salah satu jenis  bumi (tanah) maka kita ambil hukumnya  sesuai kaidah diatas.

wallahu a’lam bis showab …

***

_______
MARAJI:

• قواعد القواعد لشيـــخ صالح بن عبد العزيز آل الشيخ

• منظومة القواعد الفقهية  للعلامة عبد الرحمن بن ناصر السعدي رحمه الله

• رسالة لطيفة في أصول الفقه للعلامة عبد الرحمن بن ناصر السعدي رحمه الله

• ملخص القواعد الفقهية إعداد أبو حميد عبد الله بن حميد الفلاسي

• مذكرة أصول الفقه على روضة الناظر للعلامة ابن قدامة رحمه الله  تأليف الشيخ محمد الأمين بن المختار الشنقيطي رحمه الله صاحب أضواء البيان

• منظومة القواعد لشيخ صالح العثيمن

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s